Awet muda adalah dambaan setiap insan di Bumi. Kaum hawa maupun adam tentu saja tidak ada bedanya. Kenapa sih semua orang ingin dirinya Awet Muda? Tentu saja jawabannya beragam. Mungkin banyak dari mereka yang menjawab untuk terlihat cantik dan tampan, agar tubuh tetap kuat meski usia sudah tak lagi muda, agar sehat meski di usia yang tak lagi muda. Ya! Jawaban-jawaban tersebut tentu saja menjadi harapan semua orang. Lantas bagaimana sih, langkah-langkah atau tips-tips yang adapat dilakukan untuk bisa tampil awet muda atau tetap awet muda. Simak tulisan berikut ini, ya!


Sumber: https://cdn-image.hipwee.com/wp-content/uploads/2020/07/hipwee-drakormuda2-640x640.jpg

 

1.      Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat baik dilakukan untuk mencegah penuaan. Dengan kita berolahraga tentunya tubuh akan merasa jauh lebih baik. Selain itu, olahraga merupakan pilihan terbaik untuk mengatasi beban pikiran yang mungkin hinggap dikepala kalian. Aktivitas fisik seperti olahraga disinyalir akan membuat otak melepaskan hormon dopamine, yaitu hormon yang bisa membantu meredakan stres akibat pikiran-pikiran yang mengganggu. Olahraga juga mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh, dengan kita sering menggerakkan tubuh maka otot tidak mudah kaku juga membantu untuk merasa lebih rileks.

Sumber: https://cdn-2.tstatic.net/newsmaker/foto/bank/images/ilustrasi-olahraga.jpg

 

Olagraga juga mampu mengontrol berat badan. Bagi mereka yang memiliki berat badan ideal, resiko terkena penyakit seperti kolestrol, tekanan darah, serta diabetes menjadi lebih berkurang dibandingkan mereka yang memiliki tubuh obesitas. Berat badan yang ideal akan membuat penampilan anda jadi lebih awet muda.

Kebanyakan dari mereka yang melakukan olahraga tujuannya adalah untuk menyehatkan serta menguatkan tubuh. Melakukan latihan serperti angkat beban maupun latihan dengan resistensi akan membantu mengembangkan otot, tulang dan ligamen sehingga tubuh memiliki kekuatan dan ketahanan. Selain itu bonusnya adalah anda akan memiliki tubuh yang indah dan sehat.

 

2.      Mengatur Waktu Tidur

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/gangguan-tidur/tidur-siang-berkali-kali-dalam-sehari/

 

Banyak orang yang menyepelekan hal yang satu ini. Waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam perhari untuk orang dewasa. Tidur yang cukup akan membantu tubuh memulihkan dirinya karena telah seharian melakukan aktivitas sehingga tubuh siap melakukan kegiatan untuk esok hari. Waktu tidur terbaik adalah pukul 9 hingga 10 malam. Karena rata-rata orang dewasa bekerja dipagi hari sehigga mengharuskan mereka untuk bangun lebih awal. Ketika kita sudah dapat mengatur waktu tidur secara konsisten serta cukup, tentu saja tubuh kita akan lebih awet muda. Terutama wajah akan terlihat lebih segar ke esokkan harinya. Saat kita tidur tubuh akan melepaskan beberapa hormon penting untuk kesehatan diantaranya hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone).

 

3.      Minum Air Putih

Minum air putih sangat penting bagi manusia. Hal tersebut dikarenakan tubuh mengandung sekitar 50-70 % air. Kekurangan air bisa megakibatkan dehidrasi dan ini akan dirasakan oleh seluruh anggota tubuh termasuk kulit. Jika kalian ingin kulit yang indah, kenyal dan terhidrasi maka kalian tidak boleh lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih hairan. Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat dan juga urin. Maka dari itu mecukupi air putih setiap harinya merupakan hal yang penting jika ingin awet muda dan terbebas dari segala penyakit.

sumber: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4236509/7-cara-agar-tubuh-tidak-mudah-dehidrasi-selama-puasa-ramadan

 

4.      Makan Sayur dan Buah


Sumber: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/03/26/da451b98-12c6-43d5-8539-d20708b02d02.jpeg?w=700&q=90 

Diet pola makan adalah diet terbaik yang dapat dilakukan. Pasalnya mengatur pola makan adalah dengan tidak merasa kelaparan tetapi dengan mengganti makanan yang kita makan. Maksudnya adalah saat diet pola makan kita hanya perlu mengganti makanan yang kita makan dengan makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur-sayuran serta buah-buahan. Seperti yang kita ketahui bahwa sayur dan buah memiliki segudang manfaat bagi tubuh karena kandungannya yang dapat memenuhi asupan gizi manusia. Sayuran dan buah merupakan makanan yang tinggi serat dan kaya akan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Dengan mengganti makanan yang tidak sehat yang masih sering kita konsumsi menggunakan sayur dan buah kita akan lebih sehat dan tentunya merasa lebih kenyang. Sstthh... beruntungnya buat kalian yang melakukan diet pola makan adalah mendapatkan bonus yaitu tubuh menjadi langsing.

 

5.      Meditasi

Menurut wikipedia meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Atau secara harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan dan merenungkan. Meditasi dapat dilakukan oleh siapapun dengan tujuan untuk melepaskan beban dan pikiran serta berfokus pada kedamaian melalui rasa syukur atas diri sendiri.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Semadi

 

Meditasi dapat membantu pikiran menjadi lebih tenang dan fokus pada kebaikan-kebaikan yang ada disekitar kita, dengan kata lain kita dipaksa untuk berfokus hanya pada hal-hal positif yang terjadi disekeliling kita. Dengan pikiran yang positif akan membawa tubuh melakukan dan menerima segala yang positif juga, pada aakhirnya tubuh kita merasa lebih rileks dan lepas dari hal-hal yang membebani diri. Pikiran yang positif juga salah satu yang dimiliki oleh orang-orang yang awet muda lho, karena mereka biasanya lebih sering tersenyum dan memiliki jiwa yang tenang serta lebih bahagia.

 

6.      Melakukan Terapi

Melakukan terapi mungkin menjadi salah satu hal yang mudah untuk dilakukan bagi mereka yang memiliki kesibukkan yang tinggi. Terapi yang dapat dilakukan seperti pijat refleksi, massage, sauna, serta pijat-pijat untuk merilekskan tubuh serta otot-otot yang kaku dengan cara yang cepat. Melakukan terapi yang rutin akan membantu melemaskan otot serta persendian sehingga memudahkan darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Terapi juga dapat dilakukan dengan menggunakan lilin aroma terapi, digunakannya ketika kalian ingin tidur. Aroma terapi dapat mereflekskan otak serta pikiran sehingga pikiran kita lebih tenang dan lebih nyaman. Hasil yang akan didapatkan dengan melakukan terapi secara teratur yaitu menjadi lebih awet muda.


Sumber: https://www.newsdifabel.com/mari-mengenal-massage/


 

1.      Operasi Plastik

Bagi mereka yang memiliki uang lebih banyak dapat juga menggunakan jalur tercepat yaitu operasi plastik. Banyak artis-artis dunia yang melakukan operasi plastik untuk menunjang penampilannya. Tak jarang mereka terlihat tetap awet muda padahal usia mereka sudah tidak muda lagi. Kulit yang kencang serta bersih berseri juga berat badan ideal bak tidak memiliki lemak tubuh dapat mereka dapatkan hanya dengan melakukan operasi. Namun meskipun operasi plastik dapat memberikan kecantikan yang lebih mudah, hal tersebut juga memberikan dapat negatif yang cukup banyak seperti operasi yang gagal hingga membuat kita semakin terlihat tidak menarik. Maka dari itu jika anda ingin melakukan operasi plasti pikirkanlah beberapa kali dan yakinlah sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukannya, karena bagaimanapun operasi plastik adalah merubah kodrat yang telah diberikan Tuhan kepada kita, sehingga ada baiknya jika kita menjaga segala yang telah diberikannya dan mensyukurinya. Menjaganya dapat menggunakan cara-cara alami seperti beberapa poin sebelumnya.


Setidaknya ada tujuh tips yang bisa kalian lakukan untuk menjadi awet muda. Berapapun umur kalian, sesibuk apapun kalian, ingatlah untuk terus menyayangi tubuh dengan menjaga dan merawatnya, karena yang terpenting adalah kesehatan.

ditulis oleh: Pia

Tidak ada komentar: