Aku percaya setiap hal yang terjadi adalah rencana Tuhan yang paling Epic di dalam hidup ini. Terkadang harapan tidak terealisasikan bukan karena kita tidak pantas mendapatkannya tapi karena ada hal lebih baik dari harapan tersebut yang akan kita dapat, bisa jadi jika harapan itu dikabulkan mungkin kita tidak bisa menjalaninya.


Aku juga percaya bahwa setiap orang yang hadir di kehidupanku adalah caraNya membawaku ke dalam pelajaran berharga dalam hidupku, entah untuk mereka yang datang menjadi teman, pacar atau menikah dan berlaku untuk mereka yang pergi juga. Tangis dan tawa itu bumbu dalam hidup, jika harus ditinggalkan mungkin akan ada yang datang lebih baik dan begitu seterusnya karena begitulah kehidupan, silih berganti. Seperti daun yang gugur dari ranting pohon, mereka akan tumbuh kembali digantikan oleh yang lebih baik.


Aku juga percaya kita tidak bisa memutuskan hidup orang lain. Hidup adalah tentang memilih, karena secara luas kita hanya diberikan dua pilihan, dalam hal apapun. Jika lebih dari dua, selebihnya hanya sebuah cadangan karena Tuhan Maha Adil atas segalanya yang ada di dunia. Baik dan Buruk, Iya atau Tidak, tidak ada yang namanya di tengah-tengah atau jawaban tidak tahu dan terserah, mereka opsi ketika diantara dua hal itu tidak dapat kita pilih. Ya.. Hidup adalah pilihan dan pilihan hanya datang satu kali. Jika sering menyesal karena salah memilih adalah pelajaran, Tuhan mengajarkan bagaimana untuk lebih berhati-hati agar kedepannya tidak menyesal dan bersedih. Hidupmu, hidupku, kehidupan kita masing-masing adalah cara kita memilih apa yang harus kita pilih. Ceritanya pun kita yang pilih.


Aku juga percaya bahwa hidup akan selalu menjadi misteri. Ada yang bersama selama belasan tahun, namun akhirnya tidak bisa bersama. Ada yang baru bertemu justru menjadi teman hidup. Ada yang datang menangis setelah bertemu menjadi bahagia, begitu pula sebaliknya, bertemu dengan bahagia namun berakhir dengan tangisan. Yang di depan mata terkadang tidak terlihat, yang jauh justru di pedulikan. Hidup itu misteri bahkan untuk 5 menit kedepan tidak ada yang tahu apa yang selanjutnya terjadi.


Tidak ada komentar: