Dampak Positif Media Sosial Terhadap Keharmonisan Sosial



Di era globalisasi ini masyarakat telah mengalami perubahan yang sangat pesat, terutama di bidang teknologi. Kemajaun teknologi dimasyarakat sudah sangat besar memberikan kontribusi dalam perubahan yang terjadi di masyarakat. Salah satu temuan terbesar manusiadibidang teknologi saat ini yaitu Internet, Internet sendiri menurut Lani Sidhartta tidak hanya dipandang sebagai interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan  internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet. Internet sebagai sumber informasi dimana didalamnya terdapat interaksi telah melahirkan sebuah wadah yang disebut media sosial.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial memiliki beragam dampak positif bagi masyarakat. Tentunya dampak positif ini juga diharapkan mampu menjaga keharmonisan yang ada di dalam masyarakat. Beberapa dampak positif yang dilahirkan oleh media sosial yaitu:
Internet sebagai media komunikasi, dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Dengan jejaring sosial kita dapat menjalin komunikasi dan menghimpun keluarga, kerabat dan teman lama yang berada diseluruh penjuru dunia yang sulit untuk bertemu bahkan sudah lama tidak berjumpa atau berkomunikasi. Dengan adanya media sosial hal ini dapat terjadi degan mudah didunia maya.
Mendapatkan informasi yang terkini dengan cepat. Hal-hal yang baru terjadi beberapa menit sudah dapat diketahui oleh orang banyak diberbagai tempat sekaligus.
Dengan adanya media sosial kita bisa berkenalan dengan orang-orang yang tidak kita ketahui sama sekali dengan cepat dan mudah, sehingga membuat hubungan pertemanan atau relasi menjadi bertambah.
Bisa menjadi wadah atau tempat bercerita, berbagi aspirasi bahkan untuk anak-anak yang sulit berinteraksi dengan orang lain atau biasa disebut ansos (anti sosial)
Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Media sosial juga dapat digunakan sebagai media promosi yang lebih murah dan mudah.  Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.
Pada zaman sekarang kita bisa menyampaikan aspirasi secara langsung ke aparat pemerintahan. Saat kepresidenan SBY, Beliau sudah membuat akun media sosial di twitter yang membuat para penggunanya bisa langsung menyampaikan aspirasi ke Presiden tanpa melalui orang ketiga.
Menjual barang tidak harus memiliki toko terlebih dahulu, cukup menggunakan media sosial sebagai tempat bertransaksi.
Beberapa dampak positif tersebut sangat memengaruhi keharmonisan sosial. Seperti salah satu yang disebutkan diatas mengenai penyampaian aspirasi kepada pemerintah oleh masyarakat dapat dilakukan dengan sangat mudah, dengan begitu berarti media sosial telah mempresntasikan kemudahan dalam berdemokrasi.

Tidak ada komentar: